Selasa, 02 Februari 2016

Potensi Kawasan Wisata kutawaringin

Potensi Kawasan Wisata kutawaringin


















































Bumi Perkemahan Andes terletak di Desa Cilame Kecamatan Kutawaringin berada pada ketinggian 1.100 dpl merupakan salah satu aset potensi wisata di kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. Namun saat ini Buper tersebut pemanfaatan nya masih kurang optimal dan kurang terekpose keluar, hal ini di akibatkan rendahnya minat para pencinta alam maupun kegiatan Pramuka atau masyarakat yang ingin memanfaatkan kawasan tersebut.

Bumi Perkemahan Andes merupakan Aset milik Pemerintah Desa Cilame, karena kawasan tersebut statusnya merupakan Tanah Kas Desa / Carik Desa Cilame sehingga Pemerintah Daerah kabupaten Bandung Kesulitan secara aturan apabila hendak mengembangkan kawasan tersebut menjadi suatu kawasan wisata umum seperti kawasan wisata lainnya.. sementara Pemerintah Desa Cilame untuk menata kawasan tersebut memiliki banyak keterbatasan Pendanaan. 

Sebagai langkah awal penataan kawasan Wisata Bumi Perkemahan Andes, pada Tahun 2009 telah dialokasikan Bantuan Dana Pusat untuk pembangunan Infra struktur jalan dan pendukung lainnya sementara dari APBD Kabupaten Bandung melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata diberikan dukungan Pembangunan Gapura / Gerbang masuk Bumi Perkemahan ANDES. Dengan harapan jauh kedepan pemerintah Desa Cilame sedikit demi sedikit dapat memasarkan kepada para peminat wisata alam dan mampu bekerja sama dengan penyelenggara wisata lainnya dalam hal ini yang paling cocok adalah penyelenggaraan Wisata Terbang Layang / Gantole..(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar